Pages

Saturday, April 12, 2014

Aplikasi Pekerjaan Pengeboran

Dengan perkembangan teknologi, baik dari segi teknis maupun aplikasinya, kegiatan pemboranpun ikut berkembang dan setidaknya telah di pergunakan ke dalam 8 (delapan) sektor industri.

Geoteknik 
Pengeboran Geoteknik bertujuan untuk menentukan karakteristik tanah dan batuan . Dalam beberapa hal digunakan untuk memperoleh informasi tentang kondisi alami dan posisi muka air tanah.

Konstruksi
Pemboran konstruksi digunakan untuk menentukan batas antara batuan dasar (basemaent) dan batuan di atasnya yang umumnya sudah mengalami deformasi pelapukan

Eksplorasi Mineral 
Untuk mencari cebakan mineral, menentukan kualitas mineral secara ekonomis, Eksplorasi tubuh bijih, informasi stratigrafi, survey seismik, verifikasi interpretasi geofisika dan geokimia, kontrol kadar bijih, perhitungan cadangan bijih, deskripsi tubuh bijih (penyebaran, bentuk, butir penyusun, dll) 

Seismik
Pengeboran dalam kegiatan survey seismik berguna untuk menempatkan bahan peledak sebagai sumber getaran dalam seismik refraksi maupun refleksi.

Peledakan 
Digunakan untuk menempatkan bahan peledak sebagai salah satu proses untuk memberaikan/menghancurkan material yang kompak

Sumur Airtanah 
Pengeboran dalam pembuatan sumur airtanah, brtujuan untuk membuat lubang untuk mendapatkan posisi akifer dan memproduksi airtanah, mengetahui posisi muka airtanah, memonitor sumur produksi, smur injeksi, sumur dewatering di dalam tambang dan konstruksi. 

Lingkungan 
Pemboran lingkungan terdiri dari pengeboran geoteknik dan sumur airtanah untuk memonitor kualitas airtanah dan membantu dalam kontrol/remediasi polusi airtanah.


Minyak dan Gas 
Pemboran dalam industri minyak dan gas bertujuan untuk eksplorasi minyak dan gas baik onshore maupun di offshore, sumur injeksi dan sumur produksi minyak dan gas.

1 comment: