Pages

Saturday, April 12, 2014

Jenis Jenis Mesin Bor

Mesin Bor yang digunakan untuk keperluan pekerjaan pemboran, semua peralatannya sudah dirangkai menjadi satu kesatuan yang disebut drilling rig. Sebuah drilling rig dirancang sesuai dengan kemapuannya, sudah mempunyai spesifikasi tertentu. Seperti besarnya torque maksimum yang dapat dihasilkan (Newton-M), daya angkat (Lifting Forces) dalam ton, seperti :

Truck Mounted 
Truck Mounted merupakan suatu sistim bor yang telah dibangun di atas kenderaan truk dan setiap bagiannya tidak dapat diubah-ubah atau dipindahkan dari kenderaan truk tersebut. Sistem mesin bor seperti ini biasanya dipergunakan untuk daerah-daerah yang dapat dicapai oleh kenderaan berat, karena jenis inimempunyai berat rata-rata diatas 15 ton. Sistem bor seperti ini tidak dapat dipergunakan di daerah yang tidak mempunyai akses jalan yang baik.

Keutamaan pemakaian peralatan mesin bor jenis Truck Mounted ini adalah : 
1. Cepat dalam Rigging Up/Rigging Down Work 
2. Tidak membutuhkan tenaga operator yang banyak. 
3. Cepat dalam mobilisasi maupun demobilisasi. 
Sedangkan kekurangannya adalah: 
1. Investasi sangat mahal (± 500.000 US$) 
2. Biaya operasional pada remote area sangat besar. Terutama untuk membuat fasilitas jalan. 3. Biaya operasional tinggi.

Track Mounted 
Sistem pemboran jenis ini biasanya dipakai untuk daerah-daerah yang terisolasi ataupun belum ada existing road. Biasanya dipakai dalam pemboran eksplorasi di lokasi- lokasi rencana pembangunan infrastruktur, seperti ladang minyak, pembangunan komplek industri perminyakan dan lain-lain. Sistem bor seperti ini jarang dipergunakan, karena memerlukan pengadaan alat dan biaya pengangkutan yang sangat besar.



Rotary Truck Mounted 
Sistem pemboran jenis ini menggunakan Kelly sebagai pasak pemutar di rotary system-nya. Down Hole system turun dengan beban beratnya sendiri dan banyak dipergunakan di dalam pengeboran minyak bumi 





Skid Mounted
Skid mounted adalah suatu jenis mesin bor yang sangat fleksibel penggunannya dan dapat digunakan baik untuk eksplorasi mineral, sumur bor panas bumi, sumur bor air, pekerjaan pondasi teknik sipil dan lain-lainnya. Selain itu, mesin bor jenis ini penggunaannya dapat dikombinasi baik di atas truck ataupun track, ataupun d iatas bantalan rel sehingga dapat berjalan dengan sendirinya di medan sulit yang tidak

2 comments: